klausul lionel messi

Klausul Unik Dalam Kontrak Lionel Messi di Barcelona

MuliaOnline.com – Kontroversi soal kontrak bernilai bombastis Lionel Messi di Barcelona masih belum usai. Kini, kabar menyebut bahwa ada sejumlah klausul nyeleneh dalam kesepakatan tersebut.

Seperti diberitakan sebelumnya, baru-baru ini media Spanyol El Mundo membocorkan detail kontrak Messi di Barcelona. Nilainya pun ternyata luar biasa, yakni mencapai 555 juta euro.

Angka tersebut merupakan nilai kontrak yang ditandatangani Messi pada 2017 lalu. Kala itu La Pulga meneken kontrak baru berdurasi empat tahun, alias bakal berakhir pada musim panas nanti.

Dalam detail tersebut, Messi disebut menerima 138 juta euro per musim ditambah variabel-variabel lain. Ia juga menerima bayaran sebesar 115 juta euro hanya dengan menandatangani kontrak serta bonus loyalitas senilai 77 juta euro.

Belajar Budaya Catalunya

Menurut El Mundo, dalam kontrak untuk Messi tersebut kubu Barcelona menyematkan sejumlah klausul tidak umum bagi seorang pesepakbola profesional.

Klausul nyeleneh pertama adalah Barcelona meminta Messi untuk menyatu ke dalam kebudayaan dan masyarakat Catalunya, salah satunya dengan mewajibkan Messi untuk mempelajari Bahasa Catalunya.

Permintaan Barcelona ini memiliki kadar level yang sama dengan kewajiban Messi untuk mengadopsi perilaku dan ritme kehidupan pribadi yang sesuai serta tak terlibat dalam kasus doping.

Jika Catalunya Merdeka

Lebih lanjut, klausul lain menyebutkan bahwa Lionel Messi akan terbebas dari kontrak dan berstatus beban agen jika di suatu waktu Catalunya merdeka dari Spanyol.

Tak hanya itu, pertandingan Copa Catalunya dianggap bukan sebagai pertandingan resmi. Alhasil, laga tersebut tak dihitung sebagai laga resmi.

Batal Pergi?

Messi sempat memberontak, benar, tapi beberapa bulan lalu dia terlihat berubah pikiran. Hal ini disampaikan langsung oleh Messi pada sesi wawancara di depan media.

Kala itu, Messi mengaku sudah lebih tenang dan bersemangat menyambut proyek baru bersama Ronald Koeman. Dia pun berambisi meraih trofi musim ini.

Meski begitu, kekosongan kursi presiden Barca jadi kendala. Blaugrana tidak bisa mengikat Messi dengan kontrak baru sampai ada presiden baru yang menjabat.

Seharusnya masalah ini beres pada 24 Januari 2021 kemarin, tapi pandemi memaksa Barca memundurkan jadwal pemilihan presiden hingga pertengahan Maret 2021 mendatang.

QQ-Banner

About CS

Check Also

manchester city tak terkalahkan

Hantam Swansea, Manchester City Ukir Rekor Langka

MuliaOnline.com – Kemenangan penting berhasil diraih Manchester City saat bertemu Swansea City di ajang FA …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *