man united vs southampton

Jelang Lawan Southampton, Manchester United Dilarang Besar Kepala

MuliaOnline.comManchester United berada di atas angin menghadapi laga kontra Southampton. Secara posisi di klasemen, Setan Merah -julukan United- lebih baik jelang laga yang akan dihelat di Old Trafford, Rabu (03/02) dini hari WIB.

Saat ini, United berada di peringkat dua klasemen sementara Premier League. Mereka mengoleksi 41 poin dari 21 laga. Sementara, Southampton berada di peringkat sebelas klasemen dengan raihan 29 angka dari 20 laga.

Kendati berada di atas angin, Manchester United tak bisa jemawa pada laga ini. Ada sejumlah catatan yang harus diperhatikan skuad besutan Ole Gunnar Solskjaer tersebut.

Sama-Sama Overperform

Kendati posisi mereka di klasemen sementara saat ini terpaut jauh, sejatinya ada kesamaan antara Setan Merah dan The Saints. Kedua tim ini sama-sama menunjukkan performa yang lebih apik ketimbang prediksi statistik.

Melalui perhitungan xPTS, United seharusnya berada di posisi empat klasemen, dengan koleksi 35,64 poin. Sementara, Southampton semestinya berada di peringkat ke-13 klasemen sementara, dengan raihan 24,07 angka.

Untuk urusan penyerangan, Southampton pun menonjol. Mereka mencetak 27 gol dari nilai xPTS sebesar 21,14. Ini artinya, mereka mampu memanfaatkan peluang sekecil apa pun untuk mencetak gol.

Barisan pertahanan United harus mampu mengantisipasi pergerakan para penggawa Southampton. Terbukti, dari data statistik, skuad besutan Ralph Hassenhutl ini tak perlu peluang dengan kualitas tinggi untuk membobol gawang lawan.

Ciamik Menciptakan Peluang

Untuk kemampuan mencetak peluang, Danny Ings dan kawan-kawan sejatinya tak terlalu apik. Namun, hal tersebut berubah pada laga terakhir mereka, kontra Aston Villa.

Memang pada laga ini mereka gagal mencetak gol dan harus menelan kekalahan 0-1. Namun, yang harus menjadi catatan, mereka mampu mencetak nilai xG sebesar 2,23 pada laga ini. Sayangnya mereka gagal mengkonversi peluang-peluang tersebut menjadi gol.

Namun, hal ini bisa jadi menjadi lampu kuning bagi Manchester United untuk tak membiarkan para penggawa Southampton menciptakan peluang. Lengah sedikit, bisa jadi peluang tersebut bakal berujung bobolnya gawang Setan Merah.

Taring Setan Merah Tumpul

Untuk bisa memepet Manchester City di puncak klasemen, United wajib meraih kemenangan pada laga ini. Dan, untuk menang, tak hanya perlu pertahanan kokoh. Mereka perlu mencetak gol ke gawang lawan.

Di sinilah masalahnya. Para penggawa United masih tumpul dalam memanfaatkan peluang yang mereka miliki. Tumpulnya taring setan merah tampak nyata pada laga kontra Arsenal.

Pada pertandingan kontra Arsenal, tampak bahwa penyelesaian akhir United masih bermasalah. Dari 17 tembakan, hanya tiga yang mengarah ke gawang The Gunners. Dua dari tiga peluang yang mengarah ke gawang ini dilakukan dari luar kotak penalti. Nilai xG total peluang yang mengarah ke gawang Arsenal hanya 0,06.

Sementara, peluang emas United sebagian besar justru gagal mengarah ke gawang Arsenal. Hal ini termasuk dua peluang emas yang dimiliki Edinson Cavani, pada menit 57 dan 88. Sebagai catatan dua peluang ini memiliki nilai xG sebesar 1,07, lebih besar dari nilai xG Arsenal yang totalnya hanya di angka 0,75.

Akibat gagal memanfaatkan peluang tersebut, United harus puas bermain tanpa gol pada laga kontra Arsenal. Jika mereka tak bisa membenahi penyelesaian akhir, bukan tak mungkin mereka bakal kembali mencetak gol pada laga kontra Southampton.

QQ-Banner

About CS

Check Also

manchester city tak terkalahkan

Hantam Swansea, Manchester City Ukir Rekor Langka

MuliaOnline.com – Kemenangan penting berhasil diraih Manchester City saat bertemu Swansea City di ajang FA …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *