everton

MuliaOnline.comEverton jadi klub Premier League berikutnya yang mengambil langkah antisipatif untuk melawan penyebaran virus corona alias Covid-19. The Toffees memastikan karantina pemain dan staf sesuai pedoman pemerintah.

Jumat (13/3/2020) ini, kabar buruk bergantian datang dari Premier League. Dimulai dengan pengumuman Arsenal yang mengonfirmasi Mikel Arteta positif virus corona, lalu Chelsea yang mengonfirmasi Callum Hudson-Odoi, dan sekarang giliran Everton.

Saat berita ini mengudara, pihak Premier League beserta perwakilan klub sedang mengadakan pertemuan darurat.

Untuk membahas langkah yang akan diambil guna mencegah penyebaran virus corona. Skenario yang paling ideal adalah dengan menghentikan sementara pertandingan sampai waktu yang tidak ditentukan.

Pernyataan Everton

Everton mengambil langkah preventif setelah salah satu pemain mereka melaporkan gejala terjangkit virus corona. Belum ada hasil tes resmi, hanya tindakan pencegahan.

Sama seperti Arsenal, Everton menginstruksikan setiap pemain dan staf tim utama untuk mengarantina diri sendiri. Artinya, jika sesuai dengan pedoman pemerintah, mereka harus menjalani proses karantina hingga 14 hari ke depan.

“Everton Football Club telah mengonfirmasi bahwa, sebagai tindakan pencegahan, seluruh tim utama dan staf kepelatihan sedang menjalani proses karantina diri sendiri setelah mendapatkan saran medis,” tulis pernyataan resmi klub di evertonfc.com.

“Langkah ini diambil setelah salah satu pemain tim utama melaporkan gejala yang sesuai dengan virus corona. Klub masih terus menjalin kontak dengan pemain yang dimaksud dan terus memantau kesejahteraan semua pemain dan staf.”

Baca Juga: PSG vs Dortmund, Neymar & PSG Kompak sindir selebrasi Haaland

Panduan Pemerintah

Tetangga Liverpool ini pun menyatakan ada beberapa fasilitas yang tetap buka di tengah isolasi. Tentu mereka menyarankan fans untuk tidak berkumpul dalam kerumunan.

“Kesehatan, kesejahteraan, dan keselamatan semua pemain, staf, dan pemangku kepentingan Everton adalah prioritas utama pihak klub. Sebab itu, klub telah mengambil keputusan untuk menutup fasilitas kerja Everton termasuk USM Finch Farm, Goodison Park, dan kantor pusat di Royal Liver Building di pusat kota Liverpool. Toko klub di Goodison Park juga akan ditutup, tapi toko Liverpol ONE tidak terpengaruh dan akan tetap dibuka.”

“Everton akan terus mematuhi panduan Pemerintah dan Publich Health UK dengan menutup fasilitas serta menjaga keselamatan staf, dan akan membahas langkah selanjutnya sehubungan dengan pertandingan mendatang di Premier League.”

“Pembaruan informasi akan diberikan pada waktunya, termasuk panduan yang berkaitan dengan jadwal pertandingan yang akan datang.”

Batal Lawan Liverpool?

Karantina Everton ini tentu berdampak pada jadwal pertandingan mereka. Seharusnya ada duel sengit Derby Merseyside yang dijadwalkan pada 17 Maret 2020 mendatang, yang kini kemungkinan besar dibatalkan.

Pertandingan itu seharusnya bisa jadi momen Liverpool memastikan gelar juara musim ini. Premier League sedang disorot dunia terkait keputusan mereka dalam pencegahan penyebaran pandemi Covid-19.

Mengingat kondisinya terus memburuk, langkah yang paling ideal adalah menghentikan sementara semua pertandingan, sama seperti keputusan Serie A dan La Liga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *