July 13, 2020

Informasi Berita Seputar Dunia Olahraga terbaru

informasi dan berita olahraga terbaru tentang sepak bola

Cristiano Ronaldo Pencetak Gol Handal, Buruk Untuk Tendangan Bebas

cristiano ronaldo

MuliaOnline.comCristiano Ronaldo pernah punya reputasi sebagai penendang bebas dan tendangan jarak jauh yang handal. Namun, catatan statistik membuktikan Ronaldo kian lama makin lemah untuk eksekusi tendangan jarak jauh.

Ronaldo pernah mencetak beberapa gol jarak jauh yang ikonik ketika masih membela Manchester United. Salah satu yang akan terus dikenang fans United adalah tendangan bebasnya ke gawang Portsmouth pada musim 2007-2008.

Selain itu, Ronaldo juga pernah mencetak gol dari tendangan jarak jauh pada laga Liga Champions melawan Porto. Bahkan, gol pemain asal Portugal itu tercatat meraih gelar Puskas Award atau gol terbaik di Eropa pada 2009.

Namun, belakangan eksekusi tendangan bebas Ronaldo diklaim tidak lagi presisi. Tendangan jarak jauh Ronaldo juga tidak lagi berbahaya. Ronaldo lebih sering mencetak gol dari dalam kotak penalti. Benarkah begitu?

Statistik Gol Tendangan Jarak Jauh Ronaldo di Liga

Tendangan jarak jauh menjadi salah satu senjata utama Cristiano Ronaldo ketika masih membela Manchester United. Namun, sejak pindah ke Real Madrid pada 2009, Cristiano Ronaldo bertransformasi sebagai mesin gol di kotak penalti.

Dari musim ke musim, jumlah gol Cristiano Ronaldo dari sepakan jarak jauh terus menurun. Tingkat akurasi dan konversi golnya juga merosot. Pada musim 2019/2020 ini, Ronaldo bahkan belum mencetak satu pun gol dari sepakan jarak jauh.

Peluang Bisnis Mudah, Raih Jutaan Setiap Harinya
Situs Judi Online Terpercaya dan Aman
Dapatkan Bonus Besar dan Menariknya

Musim 2011/2012 menjadi catatan terbaik Ronaldo dalam hal mencetak gol dari ‘tendangan LDR [Long-distance relationship]’. Pada musim tersebut, pemain yang kini membela Juventus mampu mencetak tujuh gol dari tendangan jarak jauh. Musim 2013/2014 dan 2010/2011, Ronaldo mencetak enam gol dari jarak jauh.

Setelah itu, jumlah gol Cristiano Ronaldo dari sepakan jarak jauh terus menurun. Pada musim 2017/2018, tidak ada gol dari luar kotak penalti yang dicetak Ronaldo di liga.

Sedangkan, pada musim 2018/2019, hanya satu gol jarak jauh yang dicetak. Ronaldo hanya mencetak satu gol saja dari 112 usaha tendangan jarak jauh yang dilepaskan di Serie A. Catatan yang buruk untuk Ronaldo.

Ronaldo Juga Lemah di Tendangan Bebas

Bukan hanya tendangan jarak jauh, akurasi dan efektivitas tendangan bebas Cristiano Ronaldo juga terus menurun di kompetisi domestik. Dalam tiga musim terakhir, kapten timnas Portugal tersebut hanya sekali mencetak gol dari tendangan bebas.

Musim 2012/2011 menjadi momen terbaik bagi Ronaldo terkait eksekusi tendangan bebas. Sebab, Ronaldo mampu mencetak empat gol dari tendangan bebas dalam semusim. Hal yang sama terjadi pada musim 2010/2011. Itu adalah capaian terbaik Ronaldo sejak bergabung dengan Real Madrid.

Dikutip dari Whoscored, Ronaldo telah melewati 100 laga beruntun di liga, baik Serie A maupun La Liga, tanpa gol dari tendangan bebas. Sedangkan, Lionel Messi telah mencetak 14 gol dari tendangan bebas pada periode yang sama.